Archive for Novel

Enzo: The Art Of Racing In The Rain…

Gw baru aja baca novel ini semalam suntuk dan hasilnya…

Mata gw bengkak karena nangis sepanjang malam…. Ceritanya sangat-sangat mengharukan… Setiap gw ingat lagi ceritanya, air mata gw langsung netes….hiks..hiks…terserah deh mau dibilang gw terlalu lebay atau cengeng….bodo’!

Novel ini mengambil sudut pandang seekor anjing, Enzo,  yang merasa dirinya itu lebih dari seekor anjing biasa. Dia bisa mengerti dan memahami segala tindak tanduk manusia yang ada disekitarnya, terutama majikannya, Denny yang seorang pembalap. Bahkan dia meyakini bahwa dia sebenarnya manusia yang terperangkap dalam tubuh sekor anjing. Enzo bahkan senang menonton TV, banyak infomasi dan pengetahuan dia dapatkan dari benda elektronik itu. Acara favoritnya adalah turnamen balap mobil, dimana dia dapat memahami secara penuh bagaimana sebenarnya karakter majikannya itu. Melalui Denny, Enzo memperoleh banyak pengetahuan mengenai kehidupan manusia. Dia memahami bahwa hidup, seperti halnya balapan, tidaklah hanya soal melaju kencang. Dengan menggunakan teknik-teknik di arena balap, manusia dapat berhasil menjalani kehidupan. Banyak hal yang sangat ingin dia lakukan bahkan dia ceritakan pada majikannya atau orang yang ada disekitarnya. Namun karena dia hanya dibekali dengan lidah panjang yang hanya bisa mengulur dan mulut yang hanya bisa mengeluarkan suara menyalak, Enzo hanya dapat mendengarkan dan merespon segala sesuatunya dengan bahasa tubuh seekor anjing. Dengan segala keterbatasannya sebagai seekor anjing,  Enzo selalu berusaha memberikan peringatan, sinyal, dan bahkan semangat untuk majikannya serta keluarganya dalam setiap peristiwa yang terjadi dalam kehidupan mereka. Bahkan di saat Denny berada pada titik terlemah dalam hidupnya, Enzo dengan menghiraukan rasa sakitnya sendiri berusaha membuat Denny untuk jangan menyerah dan terus berjuang hingga Denny  kembali mendapatkan hak asuh atas anaknya. Enzo dan Denny lebih dari sekedar anjing dengan majikannya. Enzo dan Denny adalah sahabat. Enzo tahu Denny mengerti dirinya dan begitu pula sebaliknya. Hingga akhir hidupnya, Enzo terus mendampingi Denny hingga Denny mendapatkan kembali kehidupannya.

Habis baca novel ini, gw jadi merasa bersalah sama anjing yang ada dirumah, sekarang dah gak ada,  yang dulu sering gw kerjain dan gw aniaya, gw emang suka binatang tapi kalo buat ngurusin… gw masih belum sanggup. Tapi kayaknya gw jadi pingin punya anjing kayak Enzo. Gw kagum banget dengan kesetian dan kecerdasannya…. Kira-kira gw bisa gak ya kayak Denny? Menganggap anjing bukan sekedar binatang, tapi sahabat yang akan terus mendampingi kita sampai kapan pun tanpa keluh kesah…

Duh kok jadi sentimentil gini y….

Advertisements

Perfume: A Story of A Murderer

Perfume: A Story of a Murderer

Gw sebenernya dah lama baca novelnya dan gw suka ceritanya. Menegangkan, seru dan menarik. Apalagi tokoh utamanya yang punya kelainan yang aneh banget…. Dan gw baru tau ternyata filmnya dah ada dan sudah beredar dari beberapa tahun yang  lalu, ketinggalan banget deh.

Dan saking penasarannya, gw bela-belain ngedownload film itu sampe jam setengah 4 pagi dari jam 12 malem. Sendirian diluar kamar kosan (karena ada WiFi gratis di luar kamar), kedinginan dan ketakutan…ckckckck..habis gw nyari dvdnya kayaknya dah gak ada, mungkin usaha gw kurang keras nyari dvdnya. hehe. Tapi yang penting gw dah berhasil nonton filmnya, dan gak sia-sia usaha gw itu, filmnya bagus, suka banget. Ada si Prof  Snipe lagi, bisa liat dia akting diluar film Harry Potter (yang jadi ulat bulu di film Alice in the Wonderland kayaknya dia juga yang jadi pengisi suaranya…). Pokoknya filmnya seru deh, gak kalah sama novelnya. Jadi pengen baca lagi.

Ceritanya berawal dari seorang pria, namanya Jean-Baptiste Grenouille, yang lahir di pasar ikan dan sebenernya mau dibunuh oleh ibunya sendiri, tapi karena ketahuan jadi ibunya yang dihukum mati dengan cara digantung. Grenouille ini akhirnya dibesarkan dengan menjadi buruh. Namun ada keanehan dalam diri Grenouille, dia memiliki indera penciuman yang sangat tajam, bahkan dia bisa nyium aroma benda sekecil apapun dari jarak yang sangat jauh. Nah pada suatu ketika dia dibawa ke kota oleh tuannya, dia mencium aroma yang tidak biasa, wangi dan menggoda. Ternyata sumber wangi itu berasal dari seorang gadis muda penjual buah. Saking terpikat dengan aroma gadis itu, Gernouille sampai tidak sengaja membunuhnya waktu dia sedang mengendap-ngendap mencium aromanya. Gernouille akhirnya berusaha mencari cara agar dia dapat menyimpan aroma seorang gadis yang dianggapnya paling wangi. Setelah bertualang dari satu tempat ke tempat lain, Gernoulli akhirnya mendapatkan cara untuk dapat menyaring aroma murni seorang gadis dari tubuhnya dan menyimpannya dalam botol parfum kecil yang kemudian nanti akan dia gunakan sebagai aroma tubuhnya sendiri, karena ternyata Gernouille baru sadar kalo dia itu gak punya aroma tubuh!. Cara itu mau tidak mau mengharuskan dia membunuh tiap gadis yang akan diambil aromanya. Kegemparan pun terjadi di kota tempat dia melancarkan aksinya itu, mayat gadis muda telanjang dan botak ditemukan dimana-mana, membuat petinggi-petinggi kota depresi. Namun saking mengincar gadis muda yang diidam-idamkan aroma tubuhnya itu, Gernouille akhirnya tertangkap sesaat setelah membunuh gadis yang terakhir. Tapi perjalanan Gernouille belum berakhir….mau tau gimana efek dari parfume para gadis-gadis itu terhadap diri Gernouille? Dan gimanakah akhir nasibnya??? Baca ajah deh novelnya ato filmnya buat yang belum pernah….

Darren Shan…

Akhirnya…selesai juga gw baca novel yang satu ini… Filmnya udah ada lho!..kayaknya bakal diputer taon depan deh. Nih novel hampir sama kayak novel-novel petualangan lainnya dan bercerita tentang kehidupan malam dari makhluk bernama Vampir. Ceritanya seru…gak tau y filmnya kayak gimana jadinya.

Singkatnya sih ceritanya tentang seorang bocah bernama Darren Shan. Awalnya mereka hanya berniat untuk menonton sirkus aneh dan unik bernama Cirque du Freak, yang isinya emang mahluk aneh semua, yang menggelar pentas dikota mereka. Darren bersama sohib karibnya akhirnya terjebak dalam peristiwa yang akhirnya membuat dia mau gak mau harus merelakan dirinya untuk dirubah menjadi manusia-setengah-vampir oleh vampir tua bernama Larten Crepsley, dan bermusuhan dengan Steve Leonard, sohibnya itu. Mulai dari situ kehidupan Darren berubah total. Dia harus keluar dari rumahnya, termasuk meninggalkan adik dan kedua orangtuanya (dengan berpura-pura mati!), dan mengikuti Mr. Crepsley untuk menjalani hidup sebagai manusia-setengah-vampir sambil menunggu hingga Darren dapat menjadi vampir seutuhnya, disebut sebagai fase permurnian. Petualangan Darren pun dimulai. Mulai dari menjadi asisten vampir sementara, bertemu vampaneze , mahkluk ungu yang sedarah dengan vampir namun memiliki  tradisi dan adat  yang berbeda, ketemu cinta pertama yang kandas, pergi ke gunung vampir untuk perkenalan, lewatin ujian maut, menjadi Pangeran vampir termuda sepanjang sejarah, Perang Guratan, bertemu dengan mantan sohib yang akhirnya malah memburunya, dan petualangan takdir lainnya yang seru dan menegangkan dengan akhir yang gak ketebak…

Novel ini terdiri dari 12 seri. Bukunya gak setebal dan seberat Harry Potter, tipis kayak novel standar umumnya… Namun dari segi cerita emang agak lain dari cerita vampir pada umunya, tapi tetap seru buat dibaca kok. Jadi kalo pengen nonton filmnya, baca aja deh bukunya dulu…biar gak penasaran..hehehe. Untuk filmnya, kalo diliat dari judulnya sih, terdiri dari 2 buku, mungkin karena buku dan cerita tiap buku gak terlalu kompleks jadinya 1 film diambil dari 2 buku…

The Notebook…

Baru beberapa minggu yang lalu, gw akhirnya bisa nonton film yang novelnya bisa bikin gw nangis-nangis (bukannya cengeng y!)…uhhh…romantis dan sangat menyentuh banget..

Buat temen-temen yang doyan nonton film yang bisa mengharu-birukan suasana…gw rekomendasikan deh ni film…sebenarnya sih nih film tergolong film lama… gw sebenarnya gak terlalu suka film romantis, tapi berhubung gw pernah baca (dan suka!) novelnya, jadi gw tonton jg..hehe…

Gw emang suka novel-novel karya Nicholas Spark…masih ingat gak ma filmnya Mandy Moore yang menyentuh banget: A walk to rememmber?…Nah itu salah satu karya romantis dari Nicholas Spark..

Semua karya Nicholas Spark bercerita tentang dalamnya arti cinta (dalem banget..hikz) pokonya bagus deh… Tapi yang paling gw suka ya The Notebook ini…berhubung gw gak terlalu suka cerita yang unhappy ending (rata-rata ending cerita si Nic)…

Ceritanya memiliki alur maju-mundur, dengan awalnya berkisah tentang seorang kakek yang membacakan sebuah cerita kepada seorang nenek disemacam panti jompo gitu, si nenek ini punya penyakit Alzaimer…dimana penyakit ini menggerogoti ingatan si nenek jadi si nenek gak inget apa-apa (bahkan namanya sendiri…).

Si kakek bercerita tentang kisah seorang pemuda bernama Noah yang jatuh cinta kepada cewek kaya dari kota, Allie, yang berusia 17 tahun. Noah sendiri adalah seorang pemuda desa. Bersemilah cinta mereka disepanjang musim panas di desa tersebut dan bertumbuh semakin dalam… hingga pada suatu hari orangtua Allie memutuskan bahwa hubungan putri mereka dengan Noah bukanlah hal yang baik untuk Allie. Dengan terpaksa Noah akhirnya meminta Allie untuk mengikuti orangtuanya kembali ke kota, serta meminta untuk break sementara. Akhirnya Allie pun kembali ke kota. Noah setiap hari mengirim surat ke alamat Allie di kota, selama setahun (tiap hari lho!). Tapi surat tersebut tidak pernah sampai ditangan Allie krna ditanhan ibunya. Allie akhirnya merasa telah dicampakan oleh Noah dan berusaha untuk memulai hidup yang baru, begitu juga dengan Noah yang cudah cukup sabar menunggu balasan surat dari Allie yang tidak pernah ada. Hingga akhirnya Allie melihat Noah di sebuah surat kabar yang mengiklankan rumah putih milik Noah. Allie, yang sudah bertunangan dengan orang lain, memutuskan ingin menenangkan hatinya yang kembali bergejolak ketika melihat foto Noah, dengan pergi menemui pria itu. Setelah bertemu, ternyata terungkaplah semua alasan kenapa mereka sampai tidak bisa berkomunikasi. Seiring itu, cinta mereka pun datang kembali, bahkan lebih dalam dari sebelumnya…tapi terdapat satu rintangan…Allie sudah bertunangan dan akan menikah dalam waktu dekat. Siapakah yang akan dipilih oleh Allie??

Baca atau nonton aja filmnya…romantis dan seru banget…